Jumat, 16 September 2011

slide show powerpoint

BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
Program Power Point ini sangat berguna Bagi setiap orang yang ingin mempresentasikan sesuatu,apalagi para mahasiswa/i yang sangat berguna sekali membantu dalam menyampaikan presentasi makalah dalam bentuk slide,maka dari itu kami sebagai team penyaji akn membahas tentang power point ini.

B.     Tujuan Penulisan
Adapun tujuan  umum penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui tentang program Power Point.
 Tujuan khusus dari makalah ini adalah:
1.       Agar mahasiswa/i dapat mengetahui apa itu Power Point
2.       Agar mahasiswa/mahasiswi dapat mengetahui Cara memulai Program.
3.       Agar mahasiswa/i memahami bagaimana membuat slide show.

C.     Ruang Lingkup Penulisan
Adapun ruang lingkup penulisan makalah ini adalah tentang Power Point secara umum.


D.    Metode Penulisan
Dalam penulisan makalah ini penulis menggunakan metode deskriptif yang menggambarkan bagaimana Memulai Program Power Point.

E.     Sistematis Penulisan
Adapun sitematika penulisan makalah ini sebagai berikut:
BAB I                          : Pendahuluan,terdiri dari : latar belakang,tujuan                              penulisan,metode      
                                       penulisan,ruang lingkup dan sistematika penulisan.
BAB II                         : Sejarah Power Point,Power point dan mengoperasikannya.
BAB III                        : Kesimpulan dan saran.
BAB II
TINJAUAN TEORITIS

A.     Sejarah
Aplikasi Microsoft PowerPoint ini pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin sebagai Presenter untuk perusahaan bernama Forethought, Inc yang kemudian mereka ubah namanya menjadi PowerPoint.
Pada tahun 1987, PowerPoint versi 1.0 dirilis, dan komputer yang didukungnya adalah Apple Macintosh. PowerPoint kala itu masih menggunakan warna hitam/putih, yang mampu membuat halaman teks dan grafik untuk transparansi overhead projector (OHP). Setahun kemudian, versi baru dari PowerPoint muncul dengan dukungan warna, setelah Macintosh berwarna muncul ke pasaran.
Microsoft pun mengakuisisi Forethought, Inc dan tentu saja perangkat lunak PowerPoint dengan harga kira-kira 14 Juta dolar pada tanggal 31 Juli 1987. Pada tahun 1990, versi Microsoft Windows dari PowerPoint (versi 2.0) muncul ke pasaran, mengikuti jejak Microsoft Windows 3.0. Sejak tahun 1990, PowerPoint telah menjadi bagian standar yang tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office System (kecuali Basic Edition).

B.     Power Point dan Presentasi
Presentasi merupakan kegiatan yang penting dalam mengkomunikasikan suatu gagasan kepada orang lain dengan berbagai tujuan, misalnya untuk menarik audiensi agar mereka membeli produk, menggunakan jasa atau untuk kepentingan lain.
Salah satu alat peraga yang dapat digunakan untuk mendukung presentasi adalah computer. Adapun salah satu perangkat lunak yang dapat dipakai adalah PowerPoint yang merupakan bagian dari Microsoft Office. Dengan menggunakan software ini seseorang dapat menuangkan ide-ide cemerlangnya dalam bentuk visual yang menarik dalam waktu yang singkat.

PowerPoint menawarkan kemudahan-kemudahan dalam membuat bahan presentasi yang berbentuk elektronis. Pada setiap halaman presentasi atau slide dapat disisipkan komponen-komponen multimedia yang meliputi:
1.          Teks
2.          Gambar dan Grafik
3.          Foto
4.          Suara
5.          Film
PowerPoint juga memungkinkan komunikasi dengan software lain, seperti Microsoft Word atau  Microsoft Excel. Seseorang bisa menyiapkan bahan presentasi melalui Word lalu memolesnya melalui Power Point, bisa juga dengan Excel dan menyisipkannya ke PowerPoint.

1.         Menjalankan Power Point
Tekan tombol start di pojok kiri bawah layar monitor. Pilih Program, kemudian klik Microsoft Power Point, sehingga muncul:









Gambar 1
 




Penjelasan Gambar:
1.      Window sebelah kiri adalah nomor slide diawali dengan nomor1
2.      Window yang tengah tempat kita menempatkan fitur-fitur Power Point beserta formatnya (Bentuk, Background, animasi, Transisi dan sebagainya) yang disebut dengan Slide

2.         Menciptakan Presentasi
Setelah menghadapi tampilan sebagaimana terlihat pada gambar 1. Anda bisa langsung membuat presentasi. Slide pertama adalah slide dengan format layout untuk Judul presentasi. Anda ketikkan langsung saja Judul dan Sub Judul pada slide yang pertama. Misalnya kita akan buat slide tentang Pengenalan Internet maka tampilan slide pertama seperti pada contoh Gambar 2.
Gambar 2
 






Untuk menabbahkan slide baru, klik tombol New Slide maka akan muncul window Office Theme yang berisi beberapa format layout slide yang dapat kita pilih. Lebih jelasnya dapat dilihat pada Gambar 3 berikut ini.
Gambar 3

Ada empat jenis layout pada Office Theme yaitu:
1.     Teks Layouts, yang berisi Layout khusus untuk menampilkan teks saja, terdiri dari Title Slide yaitu slide untuk judul/awal presentasi, Title Only hanya memuat judul saja, Title and Teks memuat judul dan penjelasannya, Title and 2 colom memuat judul dan pembahasan yang disajikan dalam bentuk 2 kolom.
2.     Content Layouts, yang berisi Gambar, bagan, diagram dengan lima bentuk yaitu: Blank artinya kosong, Content berisi isinya saja, Title and Content untuk menampilkan judul dan Isinya, Title and two Content untuk menmpilkan judul dan dua isi yang disajikan dalam dua kolom, Title, Content and 2 Content sama dengan Title and Content hanya Content kolom kedua dipecah lagi menjadi dua baris, Titel 2 Content and Content sama dengan sebelumnya hanya yang kiri yang dipecah dua, Title and 4 Content sama dengan sebelumnya hanya kiri dan kanan masing-masing dipecah dua.
3.     Text and Contents Layout Yaitu gabungan antara teks dengan gambar, bagan atau diagram, anda dapat memilih salah satu model yang diinginkan.
4.     Other Layout Model Slide out yang lain, misalnya dengan clip art, media dan sebagainya. Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan.


Misalnya kita akan memilih layout Title and Content, maka akan muncul tampilan seperti pada Gambar 3 Dan kita bisa menambahkan tulisan presentasi pada slide kedua misalnya seperti pada Gambar 4.
Gambar 4

Sekarang mari kita membuat slide ketiga dengan bentuk yang berbeda, misalnya bentuk layout Title and 2 Content. Kemudian tambahkan tulisan pada slide ketiga tersebut sebagai berikut.
  1. Pada bagian Click to add title ketikkan:
    Sumber Daya di Internet
  2. Lalu klik pada judul Click to add text yang terletak sebelah kiri dan Tuliskan:
    E-mail
    Mailing list
    Newsgroup
    Web
  3. Klik pada judul Click to add text yang terletak sebelah kanan.
  4. Tuliskan
    Telnet
    FTP
    Gopher
    Chat


Hasil langkah di atas sebagai berikut:
Gambar 5


3.         Menukarkan Posisi Slide
Untuk menukar posisi slide, pilihlah Normal View. Sebagai contoh langkah berikut digunakan untuk memindahkan slide keempat menjadi slide ketiga.
1.      Klik ikom kotak slide milik slide keempat, dan tahan. Langkah ini membuat slide keempat diblok.
2.      Geser mouse sehingga penunjuk mouse berada di atas ikon Slide milik slide ketiga.
3.      Lepaskan penekanan terhadap tombol kiri mouse.

4.    Menghapus Slide
Penghapusan slide dapat dilakukan dengan berbagai cara. Contoh berikut menunjukkan cara  penghapusan slide kelima.
1.      Klik ikon slide milik slide
2.      Tekan tombol Delete
Slide akan terhapus dari Internet.ppt.

5.Menduplikasi Slide
Adakalanya kita perlu menduplikasi suatu slide. Misalnya anda ingin membuat dua buah slide yang tampilannya serupa, tetapi isinya berbeda. Untuk menduplikasi suatu slide lakukan langkah berikut misalnya mau menduplikasi slide keempat:
1.      Klik pada ikon slide milik slide keempat
2.      Pilih menu Edit lalu klik Duplicate.

6.  Menyisipkan Slide
Bila anda ingin menambahkan slide baru, tetapi bukan sebagai slide terakhir, anda dapat memilih slide yang terletak tepat sebelum slide baru disisipkan.
Contoh berikut akan menyisipkan slide baru yang akan diletakkan sebagai slide keempat.
1.      Klik ikon slide milik slide ketiga.
2.      Klik Insert New Slide
3.      Pilih Layout Slide yang dinginkan

7. Menambahkan Latar Belakang Slide
Sejauh ini anda membuat slide dengan tampilan latar belakang yang polos. Pada bab ini anda akan mempelajari berbagai cara untuk membuat latar belakang sehingga presentasi menjadi lebih menarik.
8.  Menggunakan Template
Pemberian latar belakang pada semua slide dapat dilakukan dengan mudah, yaitu dengan menerapkan template. Anda bisa memilih salah satu dari template yang disediakan oleh PowerPoint.
Ikuti langkah-langkah berikut:
a.       Klik menu Design, kemudian pada panel theme pilih salah satu design yang kita inginkan. Untuk melihat pilihan design lainnya klik vertikal scrollbar sebelah kanan pada panel theme. Berikut adalah tampilan panel theme.

Gambar 6




b.      Pilihlah template yang anda kehendaki misalnya Oriel, maka hasilnya adalah seperti pada Gambar 7 berikut ini.
Gambar 7


c. Mengatur Skema Warna untuk semua Slide
Template background yang telah anda pilih bisa diganti warnanya dengan cara:
1) Klik Colors pada toolbar kiri atas kemudian pilih komposisi warna yang diinginkan.
Lebih jelasnya dapat dilihat pada Gambar 8 berikut ini.
Gambar 8

2)  Untuk merubah format text dapat juga menggunakan template font yang sudah
disediakan oleh Microsoft Power point. Caranya klik design kemudia klik tombol
Fonts pada bagian kanan atas. Lebih jelasnya seperti pada Gambar 9 berikut ini.
Gambar 9

3) Untuk merubah format text dapat juga menggunakan template font yang sudah
disediakan oleh Microsoft Power point. Caranya klik design kemudia klik tombol
Fonts pada bagian kanan atas. Lebih jelasnya seperti pada Gambar 10 berikut ini.
Gambar 10




BAB III
PENUTUP

A.  Kesimpulan
Dari makalah yang kami sampaikan,kami dapat menarik kesimpulan bahwa program power point ini sangat di perlukan oleh siapapun guna menyampaikan ataupun mempresentasikan sesuatu melalui media power point. Dalam pembuatan slide tidaklah begitu sulit asalkan kita senantiasa mencoba dan terus mencoba untuk berkarya.

B.  Saran
Dari pembahasan yang telah kami sampaikan dalam makalah ini,kami menyarankan kepada pembaca untuk mencoba menggunakan program presentasi power point ini,selain penuh kreativitas juga tidak begitu sulit dalam mengoperasikannya.

















DAFTAR PUSTAKA


http//Google.co.id/Powerpoint.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar